Melihat Dengan Kacamata Berbeda……

Ekonomi

Indonesia impor Kelapa dari Malaysia dan Thailand | merdeka.com


http://m.merdeka.com/uang/indonesia-impor-kelapa-dari-malaysia-dan-thailand.html

Dulu, Indonesia adalah pengekspor kelapa terbesar di dunia, sekarang Indonesia impor kelapa dari Thailand dan Malaysia.. Pemerintah ki mbajing tenan!

Katanya negri agraris gemah ripah loh jinawi, tongkat kayu aja bisa jadi tanaman. Tapi beras, kentang, kedelai, dan buah-buahan semuanya impor.

Negri maritim, nenek moyangnya pelaut, garis pantainya terpanjang no 2 di dunia, lautnya paling kaya, tapi Garam aja import. Dihh!

Jagat Dewabatara, kenapa engkau biarkan surga nusantara bernama Indonesia ini dihuni oleh para anak turun iblis dari neraka???

Iklan

KONSULTAN


Seorang gembala menggiring domba-dombanya di padang rumput terpencil ketika tiba-tiba sebuah BMW baru meluncur arahnya. Pengemudi, seorang pemuda dalam setelan Broni, sepatu Gucci, kacamata hitam Ray Ban dan dasi YSL, melongok keluar jendela dan bertanya gembala,“Jika saya mengatakan dengan tepat berapa banyak domba yang ada dalam kawanan Anda,maukah Anda memberi aku satu ekor?”
Gembala itu memandang pria itu, lalu melihat sekawanan domba gembalaan dan dengan tenang menjawab, “Tentu.”

Pria muda itu memarkir mobilnya, mengeluarkan IBM ThinkPad yang tersambung ke ponsel, kemudian ia berselancar ke website NASA dan menggunakan sistem navigasi satelit, mengamati daerah tersebut, dan kemudian membuka database dan Excel spreadsheet dengan formula kompleks. Dia mengirim email melalui Blackberry dan setelah beberapa menit, mendapatkan tanggapan. Akhirnya, ia print laporan 130 halaman pada printer mininya kemudian berkata kepada gembala itu, “Anda memiliki tepat 1586 domba”.

“Itu benar! silakan ambil salah satu domba,” kata gembala.

Pemuda itu memilih satu ekor hewan dan memasukkan ke dalam mobilnya.

Kemudian gembala mengatakan: “Jika saya bisa mengatakan dengan tepat apa pekerjaan Anda, apakah Anda akan memberikan kembali hewan saya?”

“OK, mengapa tidak” jawab orang muda itu.

“Jelas, Anda adalah konsultan,” kata gembala itu.

“Itu benar” kata pria muda itu, “tapi bagaimana Anda bisa tahu?”

“Tidak perlu menebak,” jawab gembala. “Anda muncul di sini meskipun tidak ada yang memanggil Anda. Anda ingin dibayar untuk jawaban yang sudah saya ketahui, dan Anda ingin dibayar untuk sebuah pertanyaan yang tidak pernah saya tanyakan. Dan Anda tidak tahu apa-apa tentang bisnis saya… Sekarang kembalikan domba saya.”

Posted with WordPress for BlackBerry.


NASEHAT TEMAN SOAL KRISIS EKONOMI


Nostalgia 1 Mei 2006 untuk 28 Januari 2010

Teman2, agak serius dikit ya.

Sebetulnya ini agak telat, tapi sorry karena pikiranku kesita banget ama kerjaan. Barusan aja aku kepikiran untuk share ama kalian di milist ini.Aku sendiri juga kelimpungan jawab pertanyaan dari orang2 soal ini. Ini bukan nakut2in tapi kenyataan dan aku nulis ini supaya kalian tahu apa yang harus dilakukan. Aku kerja di bidang investasi dan keuangan dan aku dah tahu duluan tentang hal ini. Aku dah tahu dan ngerasain krisis ini dari awal tahun tapi kan belum ngefek ke real sector, berhubung sekarang udah menjalar dan kalian akan segera merasakannya maka aku tulis ini. Krisis ini bisa lebih buruk dari krisis 98, tapi kondisi ekonomi kita lebih kuat sekarang. Krisis yang sekarang asalnya dari luar bukan dari dalam negeri. So, aku minta kalian benar2 baca tulisan aku ampe selesai. Terserah kalian akan ikutin atau tidak, yang jelas aku punya license nasional dan pemahaman yang membuat tulisan aku di bawah ini suatu penjelasan dan saran yang bisa diikuti, bukan nakut2in. Bila ada pertanyaan bisa menghubungi aku di 08qqqqqqqqq, free of charge. Ini juga bukan iklan, gue ngga butuh. Please feel free. Tapi please jangan marah kalo gue ngga jawab karena kantor juga kacau abis.

Singkatnya gini deh:

Kondisi ekonomi:

1. Krisis keuangan di AS sangat sangat sangat parah. Tidak ada yang selamat. Ini sistem yang hancur.

2. Krisis itu telah menjalar ke seluruh dunia, sekali lagi tidak ada yang selamat. Kalo ada rumor yang mengatakan bahwa negara ini bakal kuat, bakal jadi pemimpin, jangan percaya.

3. Banyak negara sudah memasuki masa resesi, seperti Inggris dan Singapur. Sebenarnya banyak sekali negara sudah masuk resesi tapi secara definisi belum karena dalam definisi ekonomi suatu negara dinyatakan resesi bila pertumbuhan ekonominya negatif 2 kuartal berturut2. Jadi yang tinggal di Singapore, Inggris dan US benar2 harus melakukan perubahan cara hidup mulai sekarang.

4. Krisis ekonomi sudah menjalar ke sektor real artinya akan kita rasakan. Sekarang sebenarnya sudah tapi tidak banyak orang awam yang benar2 sadar dampaknya. Ekspor kita sudah melambat, harga2 komoditas kita sudah jatuh, eksportir2 kita sudah memecati karyawan, impor ilegal sudah masuk.

Pertumbuhan ekonomi kita bisa negatif.

5. Sektor2 yang paling dulu terkena imbasnya adalah properti, manufaktur, pertambangan, perkebunan.. ..sebenarnya sekarang udah terasa. Jadi tahun depan jangan harapkan perusahaan kalian kasih bonus besar lagi atau kasih kenaikan gaji tinggi lagi,

Artinya : Semua orang, semua negara sedang dalam perang memperebutkan cash.

Siapa yang punya cash nantinya punya kemampuan lebih untuk bertahan

Saran dari aku:

1. Gaji dan semua income jangan dibelikan investasi lagi. PEGANG CASH. Buat kalian yang pas2an sekali, aku saranin, akumulasi cash dalam bentuk hard cash yaitu rekening tabungan (yang bisa ditarik dengan ATM). So, gaji masuk jangan belanja apa2.

2. Barang2 tertier terutama yang bakal dibeli pake kredit nanti dulu deh, pegang cash dulu. Barang2 akan mahal, susu anak mahal…so, pegang cash.

3. Bila kalian dengar harga emas naik dan sebagainya, jangan tergiur. Emas memang naik, tapi sangat volatile. Contoh temanku, beli emas, niatnya mau jualan,….eh telat, sekarang turun lagi. Lagian percaya deh, sulit jualnya karena semua orang dalam kondisi pengin jualan. Kalian bisa beli kemungkinan besar susah jualnya

4.Investasi tunda dulu deh. Kalo memang ada duit lebih deposito saat ini yang paling cocok, itu juga near to cash walaupun ada jatuh temponya.

Nah untuk deposito aku saranin:

4.a. Masukkan ke bank yang aman, buat kalian aku sarankan kalo bisa bank pemerintah.

4.b Bunga penjaminan pemerintah hanya 10%. Artinya bila deposito kalian mendapat bunga di atas 10% maka uang kalian tidak akan dijamin oleh pemerintah. Bila, bank itu kolaps, maka uang kalian bisa saja hilang….lang lang. Terus nominal yang diganti hanya maksimal 2 M. Mungkin kalian tidak ada yang punya sebanyak itu tapi informasi ini bisa dishare ke bokap atau nyokap.

5. Jangan panik lalu ikut2an beli emas atau dollar. Dollar justru tinggi2nya. Udah Rp 10,000 an. Dollar yang tinggi ini karena investor asing menarik uangnya dari Indonesia, mereka kan butuh dollar supaya bisa dibawa ke negara mereka. Jadi bukan karena kondisi ekonomi kita yang jelek.

Rumor:

1. Ekonomi Indonesia kuat, jauh lebih kuat daripada Singapore bahkan. Singapore sudah masuk resesi, 2 kuartal berturut2 -6%. Indonesia masih tumbuh 6%. Bila ada rumor yang mengatakan bahwa krisis kali ini disebabkan oleh pemerintah kita yang payah jangan percaya. Tim ekonomi kita sekarang ini tangguh. Cara mereka menanggulangi krisis sudah on track. BI mungkin membuat kebijakan yang mengejutkan tapi Menkeu tidak. I am objective di sini karena aku pelaku pasar bukan orang politik.

2. Jadi, bila ada rumor yang mengajak kalian menggulingkan pemerintah sekarang seperti zaman Soeharto, jangan terpancing.

3. Hutang luar negeri kita sangat2 kecil saat ini dan cadangan devisa kita jauh lebih kuat daripada tahun 97/98. Dulu hutang luar negeri kita 100% dan cadangan devisa kita nol. Saat ini kita juga tidak ada hubungan lagi dengan IMF. Semua hutang kita itu independent.

Tindakan:

1. Selain menyediakan cash untuk keperluan kita dan keluarga, mulai sekarang belilah dan pakailah produk dalam negeri. Aku ngga sok idealis, ini ada logikanya. Logikanya gini. Sekarang semua negara butuh cash, istilahnya ngga ada yang beli dagangan mereka, semua negara maunya jualan produk mereka supaya dapat cash. Nah, ngapain coba kita ngasih rakyat negara lain pendapatan dengan membeli produk2 mereka? Rugi amat. So, pake semua produk lokal. Kita mulai dari diri kita sendiri. Belanja ke Singapore nya ntar dulu. Travelling ke Phuket nya ntar dulu. Beneran….

2. Produk impor yang menggiurkan sudah masuk menyerbu ke Indonesia. Itu sebenarnya dagangan negara2 lain yang tidak laku di USA karena USA dan negara2 kaya dan maju sudah bangkrut sehingga ngga minat lagi. Harga barang2 itu murah tapi sekali lagi, ngapain kasi makan negara lain sementara negara2 itu sudah tidak punya kapasitas lagi kasih makan kita. Ini bukan kondisi normal lagi ketika perdagangan antar negara terjadi karena saling membutuhkan, ini sih negara yang jualan udah ngga bisa timbal balik beli barang kita. Dong kan? Lagian ati2, mereka masuk dengan barang2 palsu kaya telur palsu dari bahan kimia.Yang sudah masuk sih barang2 dari China karena ekspor mereka tidak terserap oleh US makanya dibuang ke Asia. Dan ingat walaupun ekonomi China masih tumbuh 10% dan cadangan valas mereka terbesar di dunia, duit mereka juga sudah banyak ketanam di AS sehingga mereka juga merasakan dampak krisis ini.

3. Sekarang udah ngga pada kondisinya deh ngributin masalah politik dan ideologi, so jangan terpancing.. ..amakan dulu perut.

Investasi:

1. Bagi kalian yang punya reksadana di saham, kalo nilai investasi kalian sudah di bawah 50%, biarkan saja, jangan dijual karena kalo kalian jual maka uang kalian benar2 akan tinggal dikit. Biarkan saja nanti balik lagi…tapi kali ini memang lama….minimal 2 tahun bahkan lebih. Sekali lagi ini krisis yang sangat besar, terbesar sepanjang masa ekonomi dunia modern.

2. jangan beli asuransi dengan link lagi. Bila ada asuransi dengan link di dalamnya aku jamin hasil investasi kalian kecil sekali. Kalo belum lama belinya tanya ke agennya bisa tidak diswitch ke murni asuransi.

2. Kalo memang ada duit lebih, masukkan saja ke deposito. Sekarang yieldnya lagi tinggi tapi ingat penjelasan ku tentang deposito di atas.


PROFESIONALISME DALAM MARKETING


PROFESIONALISME DALAM MARKETING

1. APAKAH MARKETING ITU ?

Marketing merupakan jalan keluar dari suatu persoalan sebuah

Pencipta keinginan, kebutuhan dan permintaan (Demand Creation).

Marketing lebih menitik beratkan pada pembeli dari pada penjualan

itu sendiri sehingga penjualan benar-benar berorientasi kepada

Nasabah.

Penjualan (selling) adalah sebuah penciptaan pemenuhan keinginan,

kebutuhan dan permintaan itu sendiri (fulfilment creation).

Selling adalah proses akhir marketing

2. BAGAIMANA MELAKUKAN PENJUALAN YANG

BERHASIL ?

Buang jauh-jauh ide yang dapat menimbulkan konflik.

Penjualan tidak melakukan pertentangan atau adu argumentasi.

Penjualan haruslah menjadi suatu yang saling menguntungkan.

INGAT !!

Jika suatu proposal penjualan telah dibuat sedemikian baik dimana

telah menemukan pemecahan yang praktis dari keinginan seorang

nasabah,siapa lagi yang memerlukan cara untuk mendapatkan

nasabah ?

3. MODAL DASAR UNTUK SUKSES !!

a. Penampilan (kerapian/ kelengkapan/ terlihat smart

& sukses ),

b. Cara berbicara/ tutur kata yang baku,

c. Memiliki integritas, kreaktif dan efisien,

d. Menguasai produk knowledge dan berwawasan

yang luas,

e. Mempunyai objektif/tujuan dan Optimis,

f. Semangat kerja tinggi.

4. FAKTOR WAKTU

Disamping skill/ product knowledge, bagi seorang marketing waktu

adalah uang

Bagaimana membuat waktu menjadi uang :

1. Buat rencana penggunaan waktu yang lebih efektif,

Contoh : kapan waktu trading/kapan waktu marketing/kapan

waktu rilex.

2. Buat catatan perkembangan calon nasabah hari demi hari ; apa

yang dibicarakan, keberatan, kekwatiran dll,

3. Selalu membawa kartu nama,

4. Selalu tepat waktu.

Bagaimana membuat setiap menghubungi/call nasabah menjadi

berhasil ?

1. Buat persiapan tentang apa yang akan disampaikan dgn lebih

matang :

– situasi pasar/market yang sedang hangat (CNBC/koran)

– Investasi yang paling menguntungkan & aman ( Valas apa?)

2. Tidak menjelaskan seluruhnya, buat appoitment atau

undang ke kantor,

3. Bebaskan Nasabah dari angan-angan yang muluk-muluk !

5. TIP PRESENTASI YANG BERHASIL

5.1. Siapkan marketing tools berupa kejadian di market secara

profesional (bersih,rapi) yg berisi informasi & analisis terkini.

5.2. Syarat-syarat dalam presentasi :

: Kesan 2 menit pertama,

: Jabat tangan dengan erat & duduk dengan senang (tidak kaku),

: Suara yang mantap, tidak gemetaran/gagap/atau malah tidak

bersuara,

: Tutur kata/bahasa (jangan menggunakan bahasa muka)

dibumbui keramahan dan senyum,

: Serius tapi pasti.

Siapkan bukti-bukti/alat peraga karena :

a. Perhatian melalui pendengaran adalah 7%,

b. Perhatian melalui penglihatan adalah 87%,

c. Daya ingat yang didapat dari pendengaran adalah 10%,

d. Daya ingat yang didapat dari penglihatan adalah 33%,

e. Daya ingat yang didapat dari keduanya adalah 66%.

Menghadapi Nasabah !!!

• Tanyakan apa ada yang belum jelas dan perlu tanyakan,

• Presentasi yang baik adalah 25% bicara dan 75% mendengarkan,

• Menjawab pertanyaan dengan mantap dan jelas,

• Membuat kesimpulan/perkiraan apakah calon nasabah tertarik atau

tidak dan melakukan trial – closing,

• Tutup presentasi tanpa mengemis atau mencari belas kasihan,

• Jika nasabah menolak, tinggalkan brosur/ monthly Futures/

company profile sambil mengatakan : “mungkin lain kesempatan

Bapak tertarik, saya akan hubungi kembali!”, terimakasih atas

waktu dan kesempatan yang Bapak berikan…..

1. Harus dipersiapkan seorang marketing : Knowledge,

Confidence and Enthusiasm,

2. Keuletan Anda adalah kata kuncinya,

3. Marketing yang biasa-biasa menganggap target

sebagai beban yang melelahkan,

“““Marketing yang luarbiasa menjadikan beban sebagai

target yang menggairahkan,

4. Marketing selalu membutuhkan vitamin…… Attitude,

Behavior, Commitment, Dicipline, Enthusiasm and

Fun.

TIPS FOR SUCCED MARKETING :

1. MENGAPA HARUS BERGAUL ?

a. Pentingnya pergaulan dengan sumber informasi,

b. Pergaulan dengan rekan se-profesi (besi menajamkan besi),

c. Pergaulan dengan atasan (untuk menimba pengalaman ),

2. MELAPOR KEPADA DIRI SENDIRI !!

a. Catatan dan laporan yang baik penting Untuk : Perusahaan, atasan, terutama

anda sendiri,

b. Bagaimana memperoleh keuntungan/ manfaat dari laporan yang baik,

c. Catatan dan laporan dapat menjadi acuan kedepan.

3. SIAPAKAH  ANDA BESOK, …BULAN DEPAN,

…TAHUN DEPAN ??

“ANDA SENDIRI YANG MENENTUKAN”

A. JALAN YANG HARUS ANDA LALUI

 Tidak ada tangga berjalan (escalators) untuk mencapai

kesuksesan………………..

 Yang ada hanya tangga yang harus kita daki hingga

anda mencapai puncak kesukseskan yang Anda

inginkan !!!!

 Jika Anda menginginkan suatu pendapatan dan karir

yang sukses, bergairah dan kuat anda akan

memutuskan untuk memulai tanpa menunda-nunda.

B. TANPA TUJUAN & CITA-CITA…..ANDA TIDAK AKAN

PERNAH SAMPAI DITUJUAN.

Anda adalah seperti apa yang anda pikirkan, anda adalah hari ini atas apa

yang anda pikirkan kemarin, dan anda akan menjadi wujud hari esok atas apa

yang anda pikirkan hari ini.

Pemikiran seperti diatas bukanlah berarti kehendak atau harapan atau mimpi di

siang hari.

Ini diartikan anda telah mengambil suatu ikatan perjanjian, kepastian

yang tegas dan kegigihan untuk mencapai sasaran/cita-cita yang

telah dibuat.

Janganlah membuat rencana-rencana kecil, anda dapat berbuat lebih

banyak dari yang anda pikirkan dalam situasi tertentu. Jadi tingkatkan

pandangan anda dan capai cita-cita Anda.

C. KITA PERLU TAHU SEGALAYA !!

– Pengetahuan atas perusahaan,

– Pengetahuan atas masyarakat,

– Pengetahuan akan competitors,

– Ahli dalam berkomunikasi, lisan dan tulisan,

– Ahli dalam hubungan masyarakat (human relation),

– Ahli membaca situasi dengan cepat, trampil secara teknis.

D. APA RENCANA ANDA ??

– Dalam pekerjaan sekarang,

Jangan pernah menunda,

– Saya ingin menjadi ……..atau mewujudkan……. (KEPUTUSAN ADA DI

TANGAN ANDA SENDIRI)

E. APAKAH ANDA PERNAH TAKUT

TANTANGAN ???

– Pandanglah tantangan sebagai sesuatu yang alami

Tantangan adalah prasyarat kesukseskan

– Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda

F. APA LAGI …. ???

– Sikap /attitude : Anda harus mengembangkan mental juara dan sikap yang

gigih terhadap perkembangan dan pencapaian cita-cita/ tujuan.

TOTALITAS !

– Tujuan /desire : Tujuan/ maksud harus kuat sehingga tidak

ada yang dapat menghilangkan atau menguranginya,

– Konsisten….konsisten …dan TETAP konsisten

– Disiplin …..Disiplin ….dan terus disiplin

Sukses Ada Di Tangan Anda!!!

G. KNOWLEDGE IS VERY POWERFULL

1. Apa mesti anda persiapkan sebagai seorang marketing :

Knowledge, Confidence dan Enthusiasm

2. Keuletan anda adalah kata kuncinya

3. Marketing yang biasa-biasa menganggap target sebagai

beban yang melelahkan.Marketing yang luarbiasa

menjadikan beban sebagai target yang menggairahkan.

4. Marketing selalu membutuhkan vitamin……

Attitude, Behavior, Commitment, Diciplin, Enthusiasm & Fun